PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP GENERASI MUDA

PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP GENERASI MUDA


Arus teknologi memang tidak lagi bisa terbendung, karena tiap waktu perubahan dan perkembangan teknologi dapat terjadi dengan cepat, hal yang dapat dilakukan hanyalah mengikui perubahan tersebut, namun dalam konteks yang benar, agar manfaat media sosial yang sessungguhnya dapat diperoleh dengan maksimal.


Pada saat ini kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya INTERNET, mulai kalangan anak-anak sampai orang dewasa pasti sudah kenal dengan internet.
Hal ini terjadi karena internet adalah suatu hal yang dapat membantu kegiatan mereka sehari-hari, mulai dari mencari informasi yang dibutuhkan hingga mencari hiburan atau info-info tentang hiburan.

Dikalangan anak muda sekarang yang sedang heboh adalah facebook, twitter, dan sosial media lain.
Bagi kalangan yang benar-benar menggunakan media sosial dengan baik, maka hal ini sangat membantu kegiatan nya karena dengan sosial media, mereka dapat memanfaatkan nya untuk hal-hal yang positif, seperti pendidikan, motivasi, sosialisasi, maupun sharing dengan pihak lain yang membutuhkan.
Facebook adalah salah satu sosial media yang banyak digandrungi oleh anak muda jaman sekarang, dan tidak heran lagi jika hampir semua pemuda pemuda mempunyai akun facebook ini, namun hal sepereti ini menimbulkan efek efek yang beragam. karena tidak semua pengguna/user memanfaatkan akun nya untuk hal hal yang positif, dan bahkan mungkin menjurus tidak etis.

Seharusnya saat kita membuat artikel di dunia maya/sosial media perlu diperhitungkan/ dipertimbangkan tentang tanggapan yang akan terjadi dengan artikel atau apapun yang kita sajikan di sosial media.
Dampak Sosial Media
Jika kita tidak berhati-hati, maka akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan, seperti dituntut pihak lain karena merasa tersinggung atau merasa dilecehkan, oleh sebab itu penggunaan kata kata yang tepat sangat diperlukan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.


Internet khususnya media sosial mempunyai banyak dampak yang beragam, baik dampak positif maupun negatif. karena setiap hal pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Adapun dampak Positif adanya media sosial antara lain :
  • Menambah teman dari berbagai tempat
  • Dapat saling bertukar pengalaman masing-masing
  • Mengetahui kabar/informasi dari tempat lain dengan mudah dan cepat
  • Dapat mengembangkan kreatifitas pemuda dalam bentuk tulisan di media sosial
  • Dapat beradaptasi dengan Zaman yang serba canggih
  • Sebagai media sumber informasi
  • Sebagai sarana komunikasi dengan pihak lain dengan lebih mudah

Selain dampak positif, sosial media juga mempunyai dampak negatif yang beragam, seperti :
  • Membuat pemuda sibuk sendiri dan tidak mementingkan sekitar karena sibuk dengan media sosial yang dimainkan nya
  • rawan penipuan dan kejahatan karena di media sosial transaksi/hubungan yang dilakukan tidak terjadi secara langsung(face to face)
  • Sosial media juga menyebabkan penggunanya kecanduan untuk berlama lama menggunakan akun tersebut

 " GUNAKAN SOSIAL MEDIA DENGAN TEPAT AGAR  MENDAPAT MANFAAT YANG SESUNGGUHNYA "    


 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.